Artikel

Permasalahan Pada Electric Hoist Winch

Apakah Hoist Winch Anda Mati Total, Tidak Menyala Sama Sekali, Arah Angkatnya Terbalik, Tidak Kuat Angkat Beban?

1. Daya Listrik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah periksa daya listrik yang tersedia, dengan daya listrik yang dibutuhkan untuk Electric Hoist/Winch (Unit) bekerja.

Terdapat catatan mengenai daya listrik seperti Watt (W), voltase (V) dan ampere (A) yang diperlukan untuk mengoperasikan Electric Hoist/Winch. Daya listrik yang diperlukan untuk menjalankan Electric Hoist/Winch bervariasi tergantung dari kapasitas beban yang dimiliki. Yang perlu dipastikan adalah daya listrik yang tersedia sesuai dengan kebutuhan listrik untuk mengoperasikan Unit.

Saran: khusus untuk hoist 3 Phase (380V), pastikan voltase listrik anda bekerja maksimal. Jika ada salah 1 Phase  yang mati, Unit akan tetap hidup, namun mengeluarkan suara yang berdengung. 

Segera hentikan penggunaan jika terdengar bunyi dengungan. Apabila ada 2 Phase listrik yang mati, hal ini akan mengakibatkan Unit tidak menyala total.

2. Arah Angkat Hoist Terbalik

Permasalahan yang dimaksud adalah ketika Anda menekan tombol naik di remote / push button tapi rantai/sling malah turun, ataupun sebaliknya. Penyebab umum yang sering terjadi adalah operator memasang kabel R,S,T terbalik sewaktu instalasi Electric Chain Hoist. Anda dapat menukar posisi kabel dan mencobanya kembali.

3. Kecepatan Hoist / Winch Lambat Tidak Normal

Segera periksa daya listrik seperti pada point nomor 1. Jika ternyata itu bukan kesalahan listrik atau mesin hoist/winch, hal ini dapat juga disebabkan karena beban yang diangkat oleh hoist/winch melebihi kapasitas maksimal yang bisa diangkat (SWL). Segera turunkan beban dan periksa kembali berat beban yang mau diangkat.

Hal ini juga dapat dipengaruhi karena braking (rem) Hoist/Winch macet sehingga jalannya untuk memindahkan barang menjadi lambat. Apabila kedua hal tersebut sama-sama terjadi, maka dapat dipastikan Electric Hoist / Winch menjadi lambat.

Saran: Pastikan anda mengetahui total berat beban SEBELUM diangkat. an. Gunakan data yang valid & tes apabila anda kurang yakin. Akan sangat fatal apabila anda mengangkat tanpa mengetahui pasti berat bebannya.

4. Hoist atau Winch Tidak Bisa Digunakan (Mati Total)

Karena Hoist atau Winch merupakan jenis  yang digerakkan oleh listrik, maka Electric Chain Hoist memiliki ‘Duty Cycle’ yang harus diperhatikan. Umumnya angka Duty Cycle sebesar 30%, artinya setiap bekerja selama satu jam, butuh waktu istirahat selama +/- 18 menit. 

Electric Hoist atau Winch dirancang untuk berhenti bekerja ketika terjadi panas berlebih atau overheating pada mesin. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari down time. Pertama, pastikan Anda mempunyai daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Kedua, kurangi frekuensi pengangkatan beban. Terakhir, kurangi beban muatan yang Anda angkat.

Tips: Dengan memberi jeda setiap kali anda melakukan pengangkatan, Electric Hoist atau Winch akan lebih awet.

5. Hoist atau WInch Tidak Mengangkat

Unit  tidak bisa mengangkat beban padahal beban yang diangkat masih di dalam kapasitas pengangkatan Electric Hoist atau Winch, dan daya listrik sudah sesuai. Hal lain yang mungkin akan menjadi salah satu cara memperbaiki Electric Chain Hoist.

Pastikan limit switch pada unit tidak terganggu. Limit Switch adalah saklar pembatas yang berbentuk alat elektromekanis dan bekerja apabila terdapat tekanan atau kontak fisik. Fungsinya adalah sebagai pengaman pada saat pengangkatan. Namun jika limit switch ini bermasalah, maka dapat menyebabkan Electric Hoist atau Electric Winch tidak menyala.

6. Hoist atau Winch Tidak Bisa Turun

Saat Electric Chain Hoist tidak bisa turun, ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Diantaranya kontak control station terbuka, kontak saklar batas bawah terbuka, juga bisa saja saklar motor pembalik tidak beroperasi.

Hal ini menyebabkan hoist tidak bisa turun, meskipun Anda sudah memastikan unit selalu mengangkat beban sesuai dengan kapasitasnya. Karena bisa saja penyebab hoist tidak bisa turun adalah karena selalu diberikan beban di atas kapasitas daya angkat.

Cara memperbaiki hoist atau winch jika tidak bisa turun ada beberapa cara. Hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa listrik. Apakah terdapat bagian yang rusak atau tidak. Perbaiki jika ada kelistrikan yang rusak. Cara lain memperbaiki hoist jika hoist tidak bisa turun, yaitu periksa koneksi saklar dan ganti kapasitor yang rusak.

Banyaknya kendala bukanlah menjadi alasan untuk Anda tidak memilih Electric Hoist atau Winch. Anda dapat merawat produk Electric Chain Hoist Anda dengan mencegah pemakaian berlebih dan di luar kapasitas angkat. 

 

Jual Wire Winch Hoist Berkualitas

Mini Wire Winch elektrik sangat populer di negara berkembang karena manfaat yang diberikan dalam membantu pekerjaan dalam proyek. Karena kapasitas yang bervariasi sesuai kebutuhan, dan kecepatan gulung, Mini Wire Winch dapat memberikan efisiensi biaya yang signifikan dalam penghematan budget proyek.

Mini Wire Winch memiliki kapasitas 160, 230, 300, dan 500kg sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan kualitas material dan ketelitian dalam produksi, Mini Wire Winch buatan DUKE Taiwan memiliki ketahanan yang mumpuni.

Kami menyediakan Sparepart lengkap dan garansi 1 tahun untuk semua produk DUKE.

Jual Winch Elektrik Harga Terjangkau dan Terpercaya

Winch elektrik buatan Taiwan sangat populer di negara berkembang karena manfaat yang diberikan dalam membantu pekerjaan dalam proyek. Karena kapasitas yang bervariasi sesuai kebutuhan, dan kecepatan gulung, Winch dapat memberikan efisiensi biaya yang signifikan dalam penghematan budget proyek.

Winch elektrik buatan DUKE Taiwan memiliki kapasitas 200, 300, 500kg, 1ton, 2ton, 3ton dan 5ton sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Dengan kualitas material dan ketelitian dalam produksi, Mini Wire Winch buatan DUKE Taiwan memiliki ketahanan yang mumpuni.

Jual Elektrik Chain Hoist Murah Berkualitas

Chain Hoist elektrik sangat populer di negara berkembang karena manfaat yang diberikan dalam membantu pekerjaan dalam proyek. Karena kapasitas yang bervariasi sesuai kebutuhan, dan kecepatan gulung, Mini Chain Hoist buatan DUKE dapat memberikan efisiensi biaya yang signifikan dalam penghematan budget proyek.

Mini Chain Hoist memiliki kapasitas 500kg dan 1 ton sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan dimensi yang compact, Mini Chain Hoist dapat memberikan anda keleluasaan untuk memindahkan dan menempatkannya dimanapun karena tidak membutuhkan area yang besar.

Dengan kualitas material dan ketelitian dalam produksi, Mini Chain Hoist buatan DUKE Taiwan memiliki ketahanan yang mumpuni.

Kami menyediakan Sparepart lengkap dan garansi 1 tahun untuk semua produk DUKE.